Friday, April 10, 2015

KISAH SUKSES ALAN DAN SUSI DENGAN RAKET ASTEC

KISAH SUKSES ALAN DAN SUSI DENGAN RAKET ASTEC

Kali ini penulis akan mengulas kisah sukses Alan dan Susi dengan raket ASTECnya. Semoga ini manjadi aspirasi semua orang yang ingin meraih mimpi menjadi pengusaha.

Siapa yang tidak kenal dengan kedua pebulutangkis nasional ini. Mereka adalah pejuang bangsa yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah kejuaraan internasional bulutangkis. Salah satunya ialah keduanya berhasil membawa emas olimpiade bulungtangkis.


Seiring berjalannya waktu dan proses regenerasi atlet bulutangkis, memberikan kesempatan bagi atlet-atlet muda berbakat untuk menggantikan posisi mereka dalam kancah internasional. Hal ini membuat Alan dan Susi hanya mensuport di belakang layar.

Kecintaan mereka akan dunia bulutangkis membuat mereka berfikir, hal apa yang akan dilakukan setelah masa kejayaan itu berakhir. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis yang bergerak tidak jauh dari perbulutangkisan. Ya, produksi raket bulutangkis. Mereka memproduksi raket dengan merk “Astec” yang merupakan akronim dari Alan Susi Technology.

Bagaimana awal muda terjun ke dunia bisnis

Setelah mencapai masa kejayaan, Alan dan Susi berusaha mencari ide untuk terjun ke dunia bisnis. Bisnis yang digeluti sekarang ini bukanlah bisnis pertama, melainkan bisnis yang kesekian kalinya.

Alan pernah mencoba menggeluti bisnis jual beli mobil, namun tidak bertahan lama. Sedangkan Susi menjadi pelatih. Keduanya juga pernah menjadi agen pada perusahaan raket asal Jepang, namun tidak berhasil karena banyaknya ketidakpuasan konsumen atas produk tersebut, sedangkan mereka tidak bisa melakukan inovasi atas produk perusahaan Jepang tersebut. Jangankan konsumen, mereka berdua sendiri pun sebenarnya kurang cocok dengan produknya. Ya iyalah. Mereka atlit kan. Jadi tau mana raket yang baik dan pas dengan tangan warga Indonesia. Hehe. Ya, karena itu lah akhirnya mulai terbesit ide di benak mereka untuk membuat dan memproduksi raket sendiri. Maka terciptalah raket Astec.

Dalam pemasaran produk raketnya ini, tidak serta merta langsung dapat diterima masyarakat walaupun semua orang telah mengenal nama mereka. Berbagai promosi dilakukan untuk mengenalkan produk raketnya. Salah satu yang paling gencar ialah dengan memsponsori pertandingan dan kompetisi bulutangkis, mulai dari tingkat kampong, local dan nasional. Mereka juga mendekati klub-klub untuk menjadi sponsor dan bermitra.
Kegigihan dan kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil. Produk raket Astec akhirnya dikenal masyarakat luas. Telah banyak pula agen-agen pemasaran yang telah membuka outlet sendiri di beberapa kota di Indonesia. Bahkan sangat ini, produk raket Astec telah menjangkau luar negeri antara lain Vietnam, Malaysia, Filipina dan perancis. Wow mantap ya.

Usaha apapun dimulai dengan langkah kecil. Jangan ragu untuk bermimpi dan jangan ragu untuk memulai. Sukses untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment