Saturday, March 21, 2015

Peluang Usaha dan Bisnis Warnet

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata Warnet? Sebagaian mungkin bilang bahwa bisnis ini sudah lewat masa kejayaannya sekitar 3-5 tahun lalu. Namun  menurut pandangan penulis, pendapat tersebut kurang tepat.

Dulu bisnis warmet dapat dikatakan sebagai bisnis semua orang. Banyak para pengusaha kecil mencoba membuka bisnis ini. Bisnis warnet menjamur, saling mencontoh, fasilitas yang disediakan seadanya. Hal ini membuat usaha bisnis warnet berada pada posisi titik jenuh.
Dan akhirnya satu per satu tumbang dan gulung tikar. Tersisalah mereka yang memang gigih dan tidak hanya sekedar ikut-ikutan dalam membuka usaha warnet. Karena tingkat persaingan yang tidak sebesar dahulu, dan semakin berkembangnya era internet, membuat bisnis ini tetap dapat berjalan dan memberi untuk yang besar, terlebih banyak sekali muncul aplikasi game online, dimana akan lebih mengasikkan jika menjalankannya di warnet bersama teman sehoby.

Dalam membuka usaha warnet ini ada beberapa yang perlu di perhatian dan disediakan :

  1. Lokasi warnet. Pilihlah lokasi untuk usaha warnet, tempat yang strategis, dekat dengan keramaian. Jika tidak memiliki tempat sendiri, maka dapat menyewa tempat.
  2. Sediakan komputer minimal 3, dengan satu unit server. Lebih banyak lebih baik, namun dengan menempatkan komputer 3 terlebih dahulu akan memberi kesempatan terlebih dahulu akan prospek bisnis ini ke depannya.
  3. Tentukan Internet Service Provider dengan jaringan yang baik. Cari tahu kekuatan sinyal dan tarif per bulannya.
  4. Meja / bilik komputer dapat diset sesuai budget kita. Tidak perlu interior malal. Namun perlu didesign dengan konsep sederhana namun nyaman
  5. Berikan paket promo dan diskon tambahan pada jam-jam sepi. Dengan hal ini akan mampu meningkatkan jumlah pengunjung saat jam kosong.
  6. Promosikan usaha warnet ini kepada sekolah-sekolah, komunitas Facebook dan media lainnya diseputar wilayah anda.

Usaha apapun perlu keberanian dalam mengambil tindakkan. Karena sukses itu dikejar ... bukan dipikirkan. ANDA PASTI BISA !!




No comments:

Post a Comment