Saturday, March 21, 2015

Usaha Kursus Komputer

Perkembangan teknologi berlangsung dengan sangat cepat. Komputer telah menjadi hal yang vital bagi masyarakat, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga para pengusaha profesioanl. Hampir tidak ada tugas sekolah, makalah, laporan pekerjaan ataupun proposal penting usaha yang dibuat dengan tulisan tangan. Justru para pelajar, mahasiswa, karyawan dan kalangan pengusaha, saling berlomba untuk membuat makalah, laporan dan presentasi semenarik mungkin, yakni dengan menggunakan beragam sofware komputer mulai dari Ms Word, Excel, Power Point, AUTO CAD, dan lain sebagainya.


Kondisi inilah yang menjadi kursus komputer sebagai bisnis yang menarik, karena tidak semua orang dapat menggunakan program-program komputer secara penuh. Atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Bagaimana memulai usaha ini?
Untuk memulai usaha ini, beberapa yang harus dipersiapkan dan dilakukan ialah :

1. Niat dan Tekat. Untuk memulai usaha apapun termasuk usaha kursus komputer ini, anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Tekad yang kuat akan mampu menghadapi tantangan yang akan timbul ke depannya.

2. Penelitian dan survey. Penelitian ini dilakukan dengan turun ke lapangan dan mencari tahu tempat-tempat kursus komputer yang telah ada di sekitar wilayah anda. Cobalah untuk menggali lebih dalam usaha kursus yang telah ada mengenai program-program yang diajarkan, jumlah komputer, minat peserta kursus dan juga biaya yang dikenakan kepada peserta kursus.

3. Memilih lokasi. Lokasi yang akan digunakan sebagai tempat kursus hendaknya berlokasi di tempat yang strategis, dapat dilihat banyak orang, luas dan nyaman. Tempat parkir yang aman dan luas akan menjadikan peserta kursus lebih nyaman.

4. Peralatan. Untuk membuat proses kursus yang berhasil, harus ditunjang dengan peralatan yang memadai, mulai dari spesifikasi komputer, meja kursi, papan white board dan lain-lain.

5. Materi kursus. Hendaknya materi kursus dipersiapkan sebaik mungkin dengan diselipkan program-program kuis berhadiah yang akan menarik minat para peserta kursus untuk terus melanjutkan ke tahap lebih jauh di tempat kursus anda kembali.

6. Pengajar yang ramah dan menguasai bahan kursus. Hendaknya dipersiapkan tenaga pengajar yang ramah dan menguasai banyak program komputer. Penampilan setiap pengajar juga perlu dijaga agar peserta kursus dapat merasa nyaman.

7. Lakukan promosi. Pada tahap awal buka usaha ini, promosi adalah yang utama. Promosi dapat dilakukan dengan menyebar brosur dan memasang spanduk.

No comments:

Post a Comment