Wednesday, March 25, 2015

Peluang usaha laundry kiloan

Seperti apa peluang usaha laundry kiloan ?

Peluang Usaha laundry kiloan saat ini terbuka sangat lebar. Kegiatan yang semakin sibuk membuat sebagian orang tidak memiliki waktu untuk sekedar mencuci pakaian. Hal ini menjadi sebuah peluang usaha untuk membuka laundy kiloan.


Peluang usaha laundry kiloan ini pada awalnya hanya ditemukan di pinggir kota dimana pangsa pasar utamanya adalah pelajar dan masahiswa kost-kostan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, usaha ini merambah ke kota-kota besar.
Kesibukan yang padat bagi mereka yang bekerja di kota, membuat waktu mereka terkuras. Belum lagi masalah kemacetan yang membuat para pekerja kantoran harus berangkat lebih awal dan pulang larut malam pada setiap hari kerja. Pada saat weekend, mereka lebih memilih untuk menghabiskannya dengan beristirahat atau berwisata bersama keluarga.

Nah, bagi mereka yang jeli, ini merupakan sebuah peluang usaha besar yang harus dicoba.

Bagaimana cara dan tips dalam membuka dan menjalankan peluang usaha laundy ini?

Survey

Langkah awal dalam membuka usaha ini adalah melakukan survey terhadap prospek bisnis di lingkungan anda, atau lingkungan dimana usaha akan didirikan. Pelajari kompetitor yang sudah ada. Amati setiap proses mulai dari penerimaan order cucian, jumlah karyawan, waktu pengerjaan, jumlah mesin dan tarif yang diterapkan.

Menentukan lokasi

Dalam  menentukan lokasi ini, hendaknya dipilih di daerah yang ramai orang berlalu lalang, atau paling mudah adalah di pinggur jalan, dekat asrama, kost, dan kontrakan. Penentuan lokasi ini dapat berjalan seiring dengan pengamatan usaha kompetitor seperti yang telah dibahas di atas.

Pilih karyawan dan pekerja yang ramah dan supel

Mengingat usaha ini adalah usaha jasa, sangat disarankan untuk memilih pekerja yang bisa berkomunikasi secara baik, ramah dan supel. Sehingga pelanggan akan merasa senang saat melakukan order cucian. Pekerja yang ramah secara nyata akan meningkatkan jumlah pelanggan.

Pelayanan

Setelah menerima order dari pelanggan, maka perlakuan pakaian dilakukan dengan sangat hati-hati. oakaian pelanggan jangan sampai ada yang tercecer. Usahakan pencucian terpisah per pelanggan.

Promosi diskon dan voucer

Untuk tahap awal atau pembukaan, berikan diskon agar pelanggan mengetahui keberadaan usaha laundy anda. Tahap selanjutnya adalah pemberian voucer diskon, seperti 10 x cuci, gratis satu kali dan sebagainya.

Usaha apapun akan dapat berjalan jika diiringi dengan tekat yang kuat. Sukses bukan karena orang lain, tapi karena anda berani melangkah ... selamat mencoba !






No comments:

Post a Comment