Monday, March 23, 2015

Peluang Usaha Sirup Blimbing Sayur atau Belimbing Wuluh

Salah satu keanekaragaman buah yang tumbuh di negeri nan subur Indonesia adalah blimbing sayur, atau sebagian orang menyebutnya blimbing wuluh. Blimbing wuluh merupakan pohon dengan buah kecil-kecil yang menggantung pada batang pohonnya, yang berwarna hijau dan kuning dengan rasa asam. Blimbing wuluh ini banyak tersebar di sekitar kita.
Selama ini blimbing sayur atau blimbing wuluh ini hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu saja pada masakan sayur seperti sayur asem.
Namun ternyata, blimbing wuluh dipercaya memiliki kasiat lain sebagai obat beberapa penyakit. Blimbing wuluh dipercaya memiliki kasiat mengobati batuk, radang tenggorokan, asma, memperlancar pembuangan urine dan mengencangkan kulit. Namun, disarankan untuk tidak memakannya secara langsung. Rasa asam yang teramat sangat, akan membuat kening anda berkerut saat memakannya.

Sirup Blimbing sayur sebagai peluang usaha

Mengingat kasiatnya yang begitu baik bagi kesehatan tubuh, Blimbing sayur ini sangat digemari masyarakat, namun dalam bentuk yang lebih sedap dilihat dan enak dimakan. Salah satunya adalah mengolahnya menjadi sirup.

Permintaan yang banyak hal ini membuat jus blimbing dapat dijadikan sebagai usaha yang akan memdatangkan keuntungan. Terlebih belum banyak pengusaha yang bermain di bisnis ini. Bahan-bahan pun sangat melimpah, bahkan banyak terlihat buah belimbing wuluh jatuh ke tanah dan dibiarkan saja oleh pemilik pohonnya.

Langkah pembuatan Sirup blimbing wuluh

Proses pembuatan tergolong sederhana. Blimbing wuluh dibersihkan lalu diremdam menggunakan air kapur agar getahnya luluh dan rasanya tidak terlalu asam. Setelah itu blimbing dicuci dan direbus. Perebusan disarankan tidak terlalu lama agar kasiat yang terkandung dalam blimbing tidak hilang.

Blimbing yang telah direbus, selannjutnya diangkat dan diblender hingga hancur. Proses kemudian ini menyaring airnya. Hasil saringan berupa sari blimbing kental ini kemudian dicampur dengan air mendidih yang telah diberikan gula.

Seteleh matang, maka sari sirup yang telah jadi ini didiamkan. Kemudian sirup ini dikemas dalam botol-botol 200 ml sampai 1 liter.

Berikan label, pada botol tersebut dengan menyertakan kasiat dari sirup blimbing wuluh ini. Tutup, segel dan sirup blimbing wuluh siap dipasarkan. Sirup blimbing murni tanpa bahan pengawet dapat tahan selama 1 bulan jika disimpan dalam lemari es. Sirup ini dijual dengan harga berkisar 25 ribu untuk botol 1 liter, dan 5 ribu untuk botol ukuran kecil.

Banyak peluang usaha di sekitar kita. Asal kita jeli melihatnya. Mereka bisa ... ANDA PUN BISA !

No comments:

Post a Comment